Home » » PESONA ANEKA TAMAN di KOTA SOLO

PESONA ANEKA TAMAN di KOTA SOLO


 Solo, kota yang dikenal sebagai kota yang kaya akan budaya dan segudang sejarah, juga merupakan tempat yang cocok untuk sejenak melepas lelah dari hingar bingar Ibukota.
Saat paling menyenangkan adalah ketika berkeliling kota dengan becak sambil menikmati angin Kota Solo yang segar, atau sekedar duduk di pinggir trotoar beralaskan tikar sembari menikmati semangkuk wedang ronde sambil melihat aktivitas masyarakat kota Solo. Kesederhanaan ini seakan - akan lekat dengan lingkungan sekitar. Ditengah-tengah banyaknya tempat untuk bersantai di kota Solo, Taman Sekartaji merupakan salah satu alternatif taman yang berada di pinggiran sungai atau bantaran sungai kali Anyar. Taman ini hadir dan menjadi ruang publik bagi masyarakat kota Solo dan sekitarnya, untuk sekedar bersantai sejenak sembari menikmati pemandangan yang bernuansa pepohonan dan air, masyarakat juga dapat memanfaatkannya sebagai tempat untuk santai, berjalan-jalan, berelaksasi sejenak atau pun menggunakannya untuk lari pagi (jogging) maupun olahraga di sore hari, banyak rerimbunan pepohonan yang menghasilkan udara segar.
Selain itu, ada Taman Sriwedari yang kaya akan sejarah dan hiburan. Di taman ini, juga pernah menjadi lokasi penyelenggaraan PON I pada tahun 1948. Di kawasan Sriwedari ada taman hiburan yang mempunyai beragam fasilitas wahana seperti mobil senggol, kereta mini, mini outbond, lautan balon dan lain-lain yang bisa dinikmati oleh anak-anak. Dan pada hari - hari tertentu, rutin digelar acara musik seperti Koes Plus, Dangdut Mania dan lain – lain yang memiliki penggemar tersendiri. Di dalamnya juga ada pula gedung wayang orang sriwedari yang menyajikan seni pertunjukan wayang orang yang didasarkan pada cerita Ramayana dan Mahabarata.
Dari Sriwedari, kita berjalan ke timur dan ke utara kira-kira 2 km terdapat Taman Ngesus, yang berada strategis karena dekat dengan Monumen Pers, rumah dinas Wakil Walikota tentu memberikan suasana yang berbeda pula. Di sini kita dapat bersantai sambil membaca buku, koran, majalah yang dipinjam dari perpustakaan Monumen Pers, atau sekedar duduk - duduk, berdiskusi sambil melihat tanaman - tanaman dan kolam ikan dengan air mancur yang terdapat didalamnya.
Di bagian utara kota Solo, bisa juga dijumpai Taman Tirtonadi, taman yang berada di seberang jalan tepat di depan Terminal Bus Tirtonadi ini, masyarakat dapat menikmati pemandangan berupa suguhan gemerciknya aliran sungai, melihat arus lalu - lintas kendaraan, melihat keadaan Terminal Bus Tirtonadi yang sedang di renovasi atau masyarakat juga bisa menikmati keindahan ruang-ruang yang ada di bagian dalam taman yang banyak dihiasi beraneka ragam pepohonan dan lampu-lampu yang menyala terang di malam harinya. Taman ini dapat pula menjadi wahana berbagai kegiatan seperti membaca, berdiskusi, sekedar berbincang-bincang dengan teman/keluarga atau sekedar melepas lelah dan mendinginkan pikiran dari penatnya rutinitas sehari-hari. Taman ini juga sempat dijadikan sebagai wadah aktivitas pendidikan yang berupa pelajaran menggambar sungai, atau menggambar keadaan yang ada di sekitar taman ini, juga bisa dijadikan sarana pendidikan lainnya. Dengan hadirnya tempat – tempat ini, membuat Solo menjadi semakin lebih hidup dan akan memberikan suatu nuansa wisata baru yang diharapkan mampu memberikan kesegaran sebagai alternatif wisata yang murah meriah bagi masyarakat. Disamping itu bisa digunakan alternatif melepas lelah, wahana mencintai lingkungan dan mengandung unsur edukatif. Diharapkan masyarakat Solo pun juga bisa menjaga, melestarikan dan belajar mencintai lingkungan menjadi sarana pendukung dalam mewujudkan kearifan budaya lokal di kota Solo.

 Karya : Atika Marendha Susanto(SMK Murni 1 Surakarta)


0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Selamat Datang

Bahasa

Yang Sedang berkunjung saat ini

Tentang Saya

Tinggalkan pesan anda disini!

Postingan Populer

 
Copyright © 2013. Moerni Satoe - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger