Home » » Simungil Mungil Yang Ampuh

Simungil Mungil Yang Ampuh

           

 Oke guys kali ini aku bagi nie ilmu dari guru aku.langsung adja yah???:D
ini sejarah singkatnya: 
 Dalam budaya Cina, bawang putih merupakan barang penting dan sangat berharga. Bahkan sebuah kata mutiara kuno menyebutkan “jika usiamu sudah 50 tahun dan kamu memakan bawang putih selama 50 hari, maka kamu akan hidup selama 50 tahun lagi’. Ini menunjukkan betapa besar khasiatnya bawang putih, sehingga seakan-akan dapat memperpanjang  usia.
                Khasiat bawang putih dalam bidang kesehatan telah dikenal sejak lama di berbagai belahan  dunia.Dalam sejarah Mesir,pada Papirus Eber yang ditulis tahun 1500 SM menyebutkan bahwa bawang putih merupakan obat petunjuk penyakit jantung, tumor, serta gigitan binatang dan serangga. Sekitar 30 buah resep ini juga menyakini bawang putih sebagai komponennya.
                Bangsa Yunani Kuno juga menyakini bawang putih dapat meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh. Bapak Kedokteran, Hippokrates, menganjurkan bawang putih untuk mengobatan lula beracun (gangrene), dan keluhan bronchitis. Sementara itu Ibnu Sina (Pakar Kedoktaran Muslim) menyatakan, “ Bawang putih dapat dapat menghilangkan bengkak dan membersihkan kulit. Abunya jika dilulurkan dengan madu sangat berguna untuk panyakit kulit dan bermanfaat untuk penyakit kulit dan bermanfaat untuk mengobati pegal-pegal. Bawang putih rebus dan gorengan dapat mengobati sakit gigi. Berkumur dengan dengan air rebusannya selain dapat membersihkan kerongkongan.”
                Bawang putih (Allium sativum) atau ‘Garlic’ (Inggris) termasuk keluarga Allium,  merupakan tumbuhan berumbi lapis atau suing bersusun. Setiap umbi bawang putih tersusun dari sejumlah anak bawang (suing) yang setiap siungnya terbungkus kulit tipis berwarna putih.
                Umbi lapis bawang putih mengandung protein, lemak, karbohidrat, fosfor, besi serta vitamin A, B1 dan C. Di samping itu dari beberapa penelitian, bawang putih juga mengandung zat aktif allicin, allin, enzim, alinase, germanium, sativine, sinistrine, selenium, scordinin, nicotinicacid dan thylallyl trisulfide (senyawa belerang).secara garis besar bawang putih memiliki beberapa khasiat antara lain : Sebagai obat batuk,influenza,sakit gigi dan diare menurunkan tekanan darah(hipertensi) menghilangkan logam berat,mendorong reaksi penawar racun menambah sistem kekebalan tubuh,antimikroba (anti bakteri dan anti jamur)mencegah serangan kanker,pengobatan pencernaan dan ambien


Sumber : Majalah MOP Edisi 342 Februari 2011

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang

Selamat Datang

Bahasa

Yang Sedang berkunjung saat ini

Tentang Saya

Tinggalkan pesan anda disini!

Postingan Populer

 
Copyright © 2013. Moerni Satoe - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger